Rabu, 27 April 2011

Melirik Yayasan Penyantun Anak Cacat, Bermodal Nekat demi membantu anak cacat

Laporan : Mustafa akmal-Batusangkar
Batusangkar,---Secara geografis Yayasan Penyantunan anak Cacat Waradiqil Jannah terletak dijorong Sungai Talang Nagari Paninjauan Kecamatan X Koto Kabupaten Tanahdatar atau sekitar 300 meter dari Bak air Padang panjang.
    Kehadiran Yayasan Penyatunan anak cacat didirikan 1 april 2010 dan dikukuhkan dengan akta notaris nomor 15 tanggal 23 April 2010 dan dilatarbelakangi  oleh rasa keprihatinan yang mendalam melihat banyaknya anak anak cacat kurang mampu yang tidak mendapatkan kesempatan pendidikan formal atau non formal yang mengakibatkan mereka tidak mempunyai keterampilan apapun yang dapat menunjang kehidupan mereka. Ditengah keluarga dan lingkungan social masyarakat anak anak menjadi cacat ini menjadi terabaikan,hidup bagai benalu yang kadang kadang member aib bagi keluarganya sendiri yang seharusnya memberikan kasih sayang dan perhatian yang lebih kepada mereka.
    Melalui modal itu dengan tekad dan kemauan ujar Yusni sebagai Pimpinan dan pendiri Yayasan tersebut mereka mulai melaksanakan aktivitas dengan meminjam tempat disekolah bekas SD Lama  dan keinginan itu juga diawalinya banyak anak anak cacat yang ditemuinya yang terlantar. Walaupun baru berdiri sampai saat ini sudah sebanyak 12 orang anak cacat yang kini dalam pembinaannya dan enam orang tinggal diasramakan dan enam lagi tinggal diluar.
    Meski tempat penginapan anak cacat yang mereka bina tersebut masih jauh dari kesederhanaan dan belum memiliki fasilitas yang memadai. Namun anak anak cacat yang dia bina tersebut kini tidak saja warga Paninjauan tapi juga berasal dari Pariangan,Batipuh,pariaman dan mereka yang dibina tersebut diasramakan dengan jenis kecatatan seperti authis,tuna grahita,tuna wicara dan tuna daksa dan mereka dibina oleh satu orang guru tetap Ema salma dan anak anak tersebut kita asramakan dan pada umumnya anak anak yang kita bina tersebut berasal dari keluarga miskin.
     Sedangkan sumber dana yang diperoleh untuk membina anak anak tersebut diperolehnya dari berbagai bantuan donator walaupun sedikit susah untuk mendapatkan dana tersebut tapi dirinya bersama guru Pembina tetap yakin asal kita berbuat baik, tuhan akan menunjukan jalan untuk itu karena dalam satu bulan itu dia harus membutuhkan dana sebesar Rp. 3 juta sebulan sedangkan pemasukan dana dalam satu bulan rata rata sebesar Rp.1.750.000.- dan itu sudah termasuk bantuan beras sehingga dalam setiap bulan selalu terekor dan selalu menutupi utang namun semua itu bisa dilakukannya berkat kepercayaan   masyarakat kepadanya sedangkan bantuan lain sampai saat ini dari pemerintah daerah belum pernah diperolehnya karena tekadnya bagaimana anak yang dibina tersebut bisa lebih maju dan bisa mandiri dan menimal tidak bergantung dari bantuan orang lain sehingga itu juga sudah merupakan proses pembelajaran

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons