Selasa, 12 April 2011

angka kemiskinan turun di Tanah Datar

angka kemiskin turun di Tanah Datar
Laporan  : Mustafa akmal-Batusangkar
Batusangkar----Wakil Bupati Tanahdatar Hendri Arnis optimis angka  rumah tangga miskin di Tanahdatar akan terus berkurang tiap tahun dan  indikasi penurunan tersebut karena meningkatnya pendapatan  dari berbagai sektor lapangan usaha pertanian.
     Hal itu diungkapkan Hendri Arnis waktu membuka musrenbang Pembangunan Tanahdatar yang dilaksanakan diaula Kantor Bupati Tanahdatar kemaren dan kegiatan Musrenbang tersebut juga dihadiri Unsur Muspida Tanahdatar,  anggota DPRD Sumatera Barat, Kepala Bappeda. Kepala Dinas Kesehatan. Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Kepala Dinas Prasarana Jalan dan Tarkim Sumatera Barat, Kepala Bappeda Kabupaten Agam, Solok, Sijunjuang,Sawahlunto dan lima Puluh Kota, Pimpinan SKPD dilingkungan Pemda Tanahdatar,camat dan wali Nagari serta tokoh masyarakat,ninik mamak dan Bundo Kanduang.  
   Diakuinya pada tahun 2006 Rumah tangga miskin (RTM) berjumlah 18.229 RTM dan pada tahun 2008 berkurang menjadi15.625 RTM dengan demikian telah terjadi pengurangan  sebanyak 2601 RTM dan pada tahun 2011 kita proyeksikan akan berkurang lagi sekitar 2500 RTM. Karena dalam penurunan angka kemiskinan tersebut kita telah melakukan berbagai program yang langsung bersentuhan dengan keluarga miskin seperti bidang ekonomi dalam bentuk bantuan bibit ikan,bibit ternak ,pengembangan tanaman perkebunan,pemampaatan pekarangan untuk tanaman pangan serta perlatan industri kecil dan menengah, bidangh pendidikan seperi bea siswa bagi keluarga miskin dan pemberian makanan tambahan. Bidang kesehatan seperti bantuan kesehatan bagi keluarga Miskin melalui Jamkesnas dan jamkesda dan pasilitas pelayanan kesehatan dan peningkatan pelayanan kesehatan.
       Kemudian bidang sarana dan prasarana seperti pembangunan jalan, jembatan,irigasi,rehan rumah keluarga miskin dan sarana air bersih, bidang pemberdayaan masyarakat seperti Bantuan Kridit bagi pedagang kaki lima,bantuan kridit mikro dan peningkatan kesempatan  kerja dan diversivikasi usaha dan bidang sosial seperti pembinaan anak terlantar,lanjut usia dan wanita rawan sosial serta pembinaan  keluarga muda mandiri dan kelompok usaha bersama.
     Sedangkan untuk mengatasi angka pengangguran dan ketenagakerjaan program yang akan dilakukan sesuai dengan tema pembangunan Kabupaten tanahdatar tahun 2012 adalah penurunan angka kemiskinan dan pengangguran melalui pembangunan Ekononomi dan Peningkatan kualitas sumber daya Manusia yang berlandaskan  iman dan Taqwa dengan program prioritas peningkatan  efektivitas penanggulangan kemiskinan dan penggangguran,peningkatan kualitas pendidikan dan Kesehatan,peningkatan pembangunan ekonomi melalui pertanian,industri,perdagangan dan lembaga keuangan,peningkatan pemahaman dan pengamalan nilai nilai agama adat dan budaya,peningkatan pembangunan pariwisata daerah,peningkatan infrastruktur wilayah serta  pengelolaan sumber daya alam dan pelestarian fungsi lingkungan hidup.
     Sementara itu Anggota DPRD Tanahdatar Sumatera Barat Ir Arkadius menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Bupati tanahdatar yang telah megundangnya untuk hadir dalam Musrenbang tersebut dan pihaknya juga berjanji akan memperjuangkan apa yang menjadi aspirasi dan kewenangan DPRD Sumatera barat sehingga program yang diusulkan melalui APBD Sumatera barat bisa juga menjadikan program prioritas kita seperti pembangunan irigasi batang sinamar dan pembangunan sarana lainnya di Tanahdatar sehingga ikut mempercepat pembangunan di Tanahdatar

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons